24 NEWS
Siswa Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya Belajar Membuat Mini Parcel
Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya mengadakan entrepreneur class sebagai bagian dari rangkaian Business Day 2025. Tahun ini, tema yang diangkat adalah Digital Marketing Kidspreneur. Setiap kelas memiliki peran dan tugas masing-masing dalam kegiatan kewirausahaan.
Sebanyak 78 siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 24 Surabaya mengikuti kegiatan entrepreneur class dengan belajar membuat parcel mini. Kegiatan ini berlangsung pada 17 dan 18 Februari 2025.
Ustadzah Yunita Zulviati, S.Pd., selaku koordinator kegiatan, menjelaskan bahwa pada tanggal 17 Februari, siswa diperkenalkan dengan konsep kewirausahaan, termasuk pemahaman dasar tentang bisnis dan produk yang akan dibuat. Kemudian, pada tanggal 18 Februari, mereka mempraktikkan pembuatan mini parcel bersama guru tamu.
Guru tamu dalam kegiatan ini adalah Ibu Dhesie Handari Saputri, yang merupakan orang tua dari Kinanti Zahra Widjajanto, siswa kelas 3 Bijaksana.
Tujuan dari Entrepreneur Class adalah memperkenalkan konsep kewirausahaan sejak dini serta mengembangkan keterampilan dasar yang membantu anak-anak memahami kreativitas, pengelolaan uang, dan bisnis dengan cara yang sederhana dan menyenangkan sesuai dengan usia mereka.
Siswa-siswi tampak antusias saat mengikuti praktik pembuatan mini parcel. Neola, salah satu siswa kelas 2 Sekolah Karakter, mengungkapkan kegembiraannya, "Saya sangat senang bisa belajar membuat mini parcel bersama teman-teman."
Menurut Ibu Dhesie, kegiatan entrepreneur class memiliki manfaat besar dalam melatih, membangun, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa. Program ini mendorong anak-anak menjadi lebih kreatif, inovatif, dan mandiri. Selain itu, mereka juga dibekali keterampilan berpikir wirausaha, mulai dari merancang produk yang akan dijual, membeli bahan, membuat produk, hingga menentukan harga jual. Kehadiran praktisi sebagai mentor di sekolah turut memberikan wawasan langsung kepada siswa, sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar yang lebih nyata dan aplikatif.